Update Ebook :

Download Novel Kisah Sang Penandai Tere Liye


Judul Novel     : Kisah Sang Penandai
Penulis             : Tere Liye
Penerbit           : Mahaka, Republika
Cetakan           : Pertama, Jakarta, Juli 2011
Jumlah hlm      : iv+295 hlm

Bagi yang penasaran dengan arti kata penandai, sebelumnya aku jelaskan dulu apa artinya. Kata penandai dibaca seperti kata landai, pantai. Asal kata penandai dari andai, yang berarti dongeng dalam bahasa tertentu (keterangan ini bisa dilihat di footnote halaman 33. Jadi Sang Penandai adalah orang yang membawakan sebuah kisah dongeng.

Tere Liye membuat sesuatu yang baru dalam novel ini. Sangat berbeda dengan novel-novel sebelum dan sesudahnya. Inilah novel pertama yang bersettingkan masa lalu sekitar ratusan tahun yang lalu. Kisah-kisahnya didominasi oleh petualangan kolosal para pelaut gagah berani.

Kisahnya berpusat pada tokoh bernama Jim yang ceritanya dimulai dengan kisah cinta yang tragis. Kekasih Jim yang bernama Nayla adalah seorang perempuan keturunan bangsawan. Sedangkan Jim hanyalah seorang yatim piatu pemain biola yang buta huruf. Cinta ini tentu saja mengalami puncak hambatan ketika Nayla hendak dijodohkan oleh orang tuanya. Karena cinta Nayla yang begitu besar kepada Jim, dia justru memilih mengakhiri hidupnya dengan meminum racun.

Dengan kesedihan yang luar biasa Jim bertemu dengan Sang Penandai yang muncul secara misterius. San Penandai mengatakan bahwa Jim adalah orang yang terpilih untuk menggurat cerita tentang berdamai dengan masa lalu. Dari sinilah petualangan Jim yang luar biasa akan bermula. Berawal dari kejaran pembunuh bayaran yang disewa keluarga Nayla untuk menghabisi Jim yang kemudian mengalirkan nasibnya pada keikutsertaannya dengan pelayaran Laksaman Ramirez untuk menemukan Tanah Harapan.

Ekspedisi pelayaran itulah yang akan menyajikan banyak sekali pertempuran yang sarat dengan pertumpahan darah. Inilah yang membuat novel Tere Liye begitu berbeda dengan karyanya yang lain.
Petualangan seru bak dongeng akan diiringi dengan kisah-kisah cinta. Jim yang sangat melankolis yang tidak bisa berdamai dengan masa lalu akan membuatnya berada pada pilihan-pilihan sulit yang akan menentukan masa depan hidupnya.

Novel ini memberikan pesan bagaimana kita harus berdamai dengan masa lalu dan sembuh dari luka-luka itu. Selain itu akhir dari kisah ini akan mengajarkan kita bahwa kesabaran akan memberikan imbalan terbaik untuk masa depan.

Kisah ini akan berakhir dengan melengkapi kisah-kisah di awal sehingga simpul-simpulnya saling bertaut. Akan tetapi ada beberapa cerita yang memang berkesan putus tanpa penjelasan yang memuaskan.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ebook Gratis - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger